16 Hal yang Dilakukan Oleh Orang Sukses

Kesuksesan adalah suatu hal yang kontroversial dan menyenangkan untuk dibicarakan. Bukan hanya karena pendapatan yang besar saja, tetapi juga fakta bahwa orang-orang sukses dapat mewujudkan gaya hidup yang diimpikan serta mempunyai waktu lebih untuk dihabiskan bersama keluarga, hobi, dan mimpi. Menjadi orang sukses tidak tejadi secara tiba-tiba atau tanpa disengaja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prosesnya. Yang dilakukan dan tidak dilakukan dalam kegiatan sehari-haripun mempunyai peranan penting dalam meraih kesuksesan.

Orang-orang sukses juga merupakan manusia biasa seperti manusia yang lain. Yang membedakan adalah mereka melakukan hal-hal yang berbeda dari orang-orang pada umumnya untuk meraih kesuksesan. Sebagian besar dari orang-orang sukses memiliki kebiasaan yang sama yang bisa di contoh. Berikut diantaranya.

1. Mereka Membuat Tujuan yang Spesifik dan Dapat Direalisasikan

Tentukan Tujuan Anda

Tentukan Tujuan Anda via wordpress.com

 

Lebih dari 60% orang sukses yang mengikuti sebuah riset menyatakan bahwa mereka lebih fokus pada tujuan yang dapat diraih sehari-hari. Kemudian, tujuan yang mereka pilih adalah tujuan yang lebih dapat direalisasikan melalui tindakan sederhana, jadi mereka mengetahui betul apa yang menjadi penghalang antara mereka dan kesuksesan.

2. Mereka Membuat Daftar yang Harus Dikerjakan dan Mengulasnya Tiap Hari

Buatlah Daftar Anda

Buatlah Daftar Anda via dumblittleman.com

 

Agar lebih dekat dengan kesuksesan, orang-orang tersebut membuat daftar yang harus dilakukan dan meninjaunya setiap hari. Daftar tersebut juga bisa diisi dengan tujuan jangka pendek. Apapun yang anda ingin capai, pasti ada hal-hal yang harus dikerjakan terlebih dahulu untuk mencapainya. Hal-hal itulah yang harus diselesaikan setiap hari tanpa alasan.

3. Mereka Menjaga Kesehatan Jasmani dan Rohani

Pastikan Anda Sehat Jasmani dan Rohani

Pastikan Anda Sehat Jasmani dan Rohani via thelimetreeyoga.com

 

Untuk dapat sepenuhnya meraih ambisi, mereka memerlukan badan yang bekerja secara optimal dan efisien. Yaitu dengan cara diet sehat, olahraga teratur dan menjaga pikiran tetap sehat, menjaga bentuk badan agar tetap prima, menghindari kebiasaan bermalas-malasan, pergi berlibur, serta beribadah agar pikiran kita tetap jernih.

4. Mereka Mencintai Kebiasaan Membaca Buku Setiap Hari

Membaca Buku Banyak Manfaatnya

Membaca Buku Banyak Manfaatnya via winonastateu.com

 

Orang sukses tidak hanya mengkonsumsi makanan yang sehat, tetapi mereka juga mengkonsumsi ilmu pengetahuan dan informasi untuk pikirannya. Hampir 90% orang sukses menyatakan bahwa mereka gemar sekali membaca buku. Umumnya, buku yang dibaca adalah buku mengenai pengembangan diri dan buku nonfiksi. Bahan bacaan tersebut menjadi sumber inspirasi dan ilmu yang hebat.

5. Mereka Mendengarkan Audiobook Ketika Bepergian

Audiobook Membantu Anda Membaca Buku

Audiobook Membantu Anda Membaca Buku via godslastwarning.com

 

Orang sukses lebih memilih mendengarkan audiobook (buku yang berupa file suara dan dibacakan untuk anda), daripada mendengarkan musik ketika mereka sedang dalam perjalanan. Dengan begitu pikiran mereka selalu berada dalam kondisi yang baik, positif, dan selalu ingin mencapai suatu hasil yang memuaskan. Apabila setiap hari anda menghabiskan waktu sekitar satu jam di perjalanan, dan anda memanfaatkan waktu tersebut untuk mendengarkan audiobook, maka total anda akan mendapat 365 jam untuk mengembangkan diri dalam setahun.

6. Mereka Merupakan Pekerja Keras

Bekerja Keras Menuntun Anda pada Kesuksesan

Bekerja Keras Menuntun Anda pada Kesuksesan via medicaldaily.com

 

Ketika ditanya mengenai rahasia dari kesuksesan, Dwayne Johnson yang biasa disebut "The Rock", seseorang yang dulunya serba kekurangan dan sekarang adalah bintang Hollywood, mengatakan bahwa tidak ada rahasia untuk menjadi sukses. Cukup dengan bekerja dengan giat, dan dengan begitu anda akan lebih dekat dengan tujuan anda mencapai kesuksesan.

7. Mereka Memprioritaskan Kehidupan Bersama Keluarga

Perbanyak Waktu Bersama Keluarga

Perbanyak Waktu Bersama Keluarga via penfieldbuildingblocks.org

 

Seseorang yang sukses tahu betul apa yang bisa dan tidak bisa dibeli dengan uang. Itulah mengapa mereka menjunjung tinggi nilai kebersamaan dengan keluarga, sesuatu yang dianggap sangat berharga. Mereka sadar bahwa uang bisa didapatkan kapanpun, dan waktu untuk bisa bersama keluarga sangatlah terbatas. Karena itulah mereka lebih memprioritaskan hal tersebut.

8. Mereka Menghargai Waktu dan Menghabiskan Waktu Dengan Bijak

Waktu Tidak Akan Pernah Kembali

Manfaatkan Waktumu Sebaik Mungkin via alaneadams.com

 

Sangatlah mudah untuk lupa waktu dengan dunia yang penuh dengan godaan ini. Hal tersebut tidak akan dibiarkan terjadi oleh orang-orang yang ingin sukses. Mereka sadar betul bahwa waktu yang sudah terbuang selamanya tak akan kembali. Maka bagi mereka, waktu adalah hal yang sangat tak ternilai harganya. Mereka akan mengisi setiap waktu luang yang mereka dapat dengan hal-hal positif yang dapat membantu hidup mereka menjadi lebih baik.

9. Mereka Memperhatikan Kebiasaan Hidup Mereka

Biasakan Hidup Sehat

Biasakan Hidup Sehat via huffingtonpost.com

 

Kebiasaan Anda membentuk pribadi Anda. Jika Anda mengkonsumsi makanan tidak sehat, berbicara negatif, dan menghabiskan banyak waktu tanpa berbuat apapun, maka Anda akan terjerumus ke masa depan yang suram. Individu yang sukses menjaga kebiasaan mereka dengan hati-hati, dan dengan begitu mereka akan mendapat kegiatan yang sangat bermanfaat bagi hidupnya.

10. Mereka Tidak Percaya dengan Keberuntungan

Jangan Mengandalkan Keberuntungan

Jangan MengAndalkan Keberuntungan via gamblinghelp.org

 

Uang didapat melalui kerja keras dan kreativitas, riset pasar, juga faktor lainnya. Tetapi keberuntungan tidak menjadi salah satu diantara yang diutamakan. Karena itu orang-orang sukses tidak meraih kesuksesan dengan cara berjudi. Mereka juga mendapat kerugian finansial, tetapi mereka memperhitungkan segalanya.

11. Mereka Tidak Membelanjakan Uang Lebih Besar dari Penghasilan

Atur Pengeluaran Anda dengan Cermat

Atur Pengeluaran Anda dengan Cermat via businessinsider.com

 

Semisal pendapatan Anda sejumlah Rp10 juta per bulan dan Anda membelanjakannya sampai habis, maka Anda masih belum bisa dibilang sukses. Masyarakat kelas menengah ke bawah cenderung membelanjakan uangnya melebihi pendapatannya yang diakibatkan dari pemikiran jangka pendek. Sedangkan orang sukses bisa mengatur kepuasannya agar keuangannya tetap stabil dan mengamankan masa depannya.

12. Mereka Tidak Menghabiskan Waktu Dengan Menonton TV

Menonton TV Adalah Kebiasaan Tidak Baik

Menonton TV Adalah Kebiasaan Tidak Baik via forbes.com

 

Televisi merupakan penyita waktu dan hampir tidak ada nilai yang bisa bermanfaat untuk hidup Anda. Televisi membuat Anda bermalas-malasan, obesitas, dan naiknya kemungkinan untuk terkena diabetes. Karena orang-orang sukses menghindari kebiasaan buruk, maka mereka mengganti televisi dengan sumber hiburan yang lebih kreatif dan bermanfaat seperti membaca buku.

13. Mereka Tidak Mengikuti Arus

Berpikir Lain dari yang Lain

Berpikir Lain dari yang Lain via webdesignerdepot.com

 

Mempunyai cara pikir yang berbeda adalah sebuah keharusan. Meraih hasil yang mengesankan melalui tindakan dan pemikiran yang biasa sangatlah tidak mungkin. Orang sukses tidak takut untuk memimpikan hal besar dan melakukan segalanya untuk meraih sesuatu.

14. Mereka Tidak Melewatkan Setiap Kesempatan

Jangan Melewatkan Setiap Kesempatan

Jangan Melewatkan Setiap Kesempatan via staticflickr.com

 

Untuk dapat memanfaatkan segala hal dalam meraih kesuksesan, orang-orang sukses menempatkan diri mereka di tempat dan waktu yang tepat. Mereka menyadari bahhwa beberapa kesempatan bisa menjadi titik balik yang dapat mengubah nasib mereka.

15. Mereka Tidak Berfokus Sepenuhnya pada Uang

Uang Bukanlah Segalanya

Uang Bukanlah Segalanya via ytimg.com

 

Uang bukanlah yang terpenting dalam mencapai kesuksesan. Orang-orang sukses menggunakan sebagian hartanya untuk membantu mengubah dunia menjadi lebih baik. Bill Gates adalah orang terkaya di planet ini. Tetapi dia juga orang yang paling murah hati. Bill Gates berencana mendonasikan sebagian besar uangnya untuk membantu orang-orang yang kesusahan saat dia meninggal nanti.

16. Mereka Tidak Menyerah

Jangan Pernah Menyerah

Jangan Pernah Menyerah via connectandspreadlove.com

 

Menjadi sukses tidak terjadi dalam semalam. Butuh waktu yang sangat panjang dan usaha yang keras serta melalui jalan yang penuh dengan rintangan untuk akhirnya mencapai tujuan akhir yaitu kesuksesan. Kuncinya adalah tetap gigih, percaya pada diri sendiri dan pantang menyerah.